Amien Rais Datangi Polda Metro Sambil Bawa Buku Jokowi “People Power’

oleh -375 views
Amien Rais datang memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Ia nampak membawa buku Jokowi People Power saat tiba di sana. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais memenuhi panggilan dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya dengan mendatangi Gedung Dirkrimum pada Jumat (24/5/2019) pukul 10.30 WIB.

Amien tampak menggunakan kemeja biru muda garis-garis dengan peci hitam dan ditemani kuasa hukumnya tiga orang. Ia akan diminta dimintai keterangan sebagai saksi kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana.

“Sehat-sehat saja, nanti ya,” ujar Amien kepada awak media yang memberondongnya dan berbagai pertanyaan saat hendak memasuki pintu masuk penyidik Gedung Dirkrimum Polda Metro Jaya di Jakarta.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono menyebutkan pemeriksaan terhadap Amien Rais dijadwalkan akan berlangsung di gedung Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya.

Pemeriksaan ini merupakan panggilan kedua terhadap Amien. Sebelumnya, politisi senior itu tidak dapat memenuhi panggilan pertama karena ada acara, Senin (20/5/2019) lalu.

Diketahui, penyidik Sub Direktorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, telah menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka kasus dugaan makar dan atau menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan suatu keonaran, seperti yang diatur dalam Pasal 107 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP Juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Setelah melakukan penangkapan, penyidik kemudian memutuskan menahan Eggi Sudjana, di Rutan Polda Metro Jaya, Selasa (14/5/2019). Alasan penahanan karena subyektivitas penyidik agar yang bersangkutan tidak menghilangkan barang bukti, mengulangi perbuatannya atau melarikan diri.

Sementara itu, Eggi Sudjana melalui kuasa hukumnya, telah mendaftarkan gugatan praperadilan atas status tersangka yang ditetapkan penyidik Polda Metro Jaya, ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019). Gugatan tersebut, teregister dengan nomor 51/pid/pra/2019/PN Jaksel. Rencananya, sidang praperadilan akan digelar tanggal 29 Mei mendatang.

Sementara itu terlihat Amien Rais datang memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Ia nampak membawa buku Jokowi People Power saat tiba di sana. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *