Malam Ini, Lebaran Betawi Dimulai, Acaranya Apaan Aja Sih?

oleh -840 views
Lebaran Betawi. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menggelar Lebaran Betawi mulai Jumat (19/7/2019) malam ini. Lebaran Betawi ke-12 ini akan berlangsung hingga Minggu (21/7/2019).

Acara yang dimeriahkan berbagai kesenian khas Betawi ini akan digelar di Lapangan Silang Monas Barat Daya. Berdasarkan siaran pers resmi Pemprov DKI, hari pertama Lebaran Betawi akan diisi dengan pembacaan doa dan sohibul hikayat.
Rangkaiannya dijadwalkan mulai pukul 19.00 WIB. Sedangkan pada hari kedua, Sabtu (20/7/2019), Lebaran Betawi akan dimeriahkan berbagai kesenian Betawi. Acara dimulai dengan penampilan tanjidor dan ondel-ondel pada pukul 08.00 WIB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan marawis, gambus, palang pintu, gambang kromong, tarian betawi, lomba silat seni tradisional betawi, orkes melayu, grup musik opelet robet, rebana biang, hingga lenong. Rangkaian acara pada hari kedua diakhiri dengan pemutaran film layar tancap pada pukul 21.30 WIB.

Rangkaian acara pada hari terakhir akan dimulai pukul 06.00 WIB. Acara pertama, yaitu sorendo-rendo yang menjadi acara puncak Lebaran Betawi. Sorendo-rendo merupakan karnaval budaya nusantara yang rencananya diikuti sekitar 2.000 peserta dari lima kota dan satu kabupaten di Jakarta.

Peserta parade akan memakai baju adat khas nusantara. Mereka akan berjalan kaki mulai dari Balai Kota DKI Jakarta, berputar di Bundaran Air Mancur Patung Arjuna Wiwaha, kemudian masuk ke Pintu Barat Daya Monas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya akan hadir pada hari ketiga penyelenggaraan Lebaran Betawi untuk mengikuti prosesi hantaran. Hantaran merupakan tradisi mengantarkan makanan dan minuman kepada yang dituakan. Prosesi hantaran akan dilakukan oleh para wali kota dan bupati kepada Anies.

Anies juga akan memberikan penghargaan kepada dua ulama betawi, dua seniman betawi, dan dua guru silat betawi.

Pada hari terakhir ini, Lebaran Betawi akan dimeriahkan oleh tanjidor, ondel-ondel, keroncong betawi, palang pintu, tarian garapan, silat kolosal, permainan tradisional anak-anak, gambang kromong, samrah betawi, qosidah, gambus, dan band betawi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *