Perlintasan Sebidang Bakal Segera Dihilangkan

oleh -902 views
Direktur Prasarana BPTJ, Edi Nursalam. (ist)

JAKARTAPEDIA.id-Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan bakal segera menghilangkan perlintasan sebidang antara jalan dan rel kereta api di wilayah Jabodetabek. Perlintasan sebidang ini kerap menjadi penghambat lalu lintas, bahkan menuai kecelakaan.

“Sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan PP No.6 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Perkeretaapian tidak boleh ada perlintasan antara jalan dan rel kereta api dalam bentuk perlintasan sebidang,” ujar Direktur Prasarana BPTJ, Edi Nursalam, saat meninjau proyek underpass Bojong Gede, Kamis (26/7/2019).

Menurutnya, underpass Bojong Gede dibangun untuk menghilangkan perlintasan sebidang di Jalan Raya Bojong Gede, Kabupaten Bogor pada tahun 2020. Saat ini BPTJ sedang melakukaan pernyempurnaan desain teknis agar underpass tersebut dapat dibangun secara maksimal sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di lapangan.

“Semua perlintasan harus dibuat tidak sebidang melalui underpass atau flyover, atau jika tidak memungkinkan untuk tidak sebidang ya harus ditutup,” kata Edi.

Dia mengatakan, Pemerintah Daerah memiliki kewajiban untuk mengupayakan pembangunan perlintasan tidak sebidang untuk jalan-jalan yang menjadi kewenangannya. Namun demikian apabila Pemerintah Daerah memiliki keterbatasan maka dapat mengajukan dukungan/bantuan kepada Pemerintah Pusat.

“Nah untuk kali ini Pemerintah Pusat dalam hal ini BPTJ memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor dalam bentukĀ  membangun underpass untuk menghilangkan perlintasan sebidang di Jalan Raya Bojong Gede,” kata Edi. (tama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *