Pemprov Harus Perbanyak Alat Ukur Kualitas Udara

oleh -732 views

JAKARTAPEDIA.id-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta memperbanyak alat ukur pemantau kualitas udara. Hal ini diperlukan agar warga Jakarta mengetahui kondisi kualitas udara yang dihirupnya.

“Jangka pendek ini, harus memperbanyak alat terutama yang bisa mendeteksi PM2,5 pemantauan kualitas udara, agar warga tahuntentang kondisi di wilayahnya, dan dapat melakukan upaya pencegahan dan peringatan dini,” ujar Direktur Eksekutif WALHI Jakarta, Tubagus Soleh, di Jakarta, Jum’at (26/7/2019).

Di sisi lain, pihaknya juga mendorong agar aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memonitoring langsung terhadap sumber pencemar tidak bergerak, seperti industri. Menurutnya, data alat pemantau kualitas udara menunjukan Jakarta masih terus terpapar udara burukk.

“Dan pemerintah belum melakukan upaya apapun untuk merespon cepat. Kok pemerintah malah menyalahkan, kan kebijakannya ada di dia. Kan tugas dia melakukan pemantauan, termasuk juga soal izin lingkungan. Artinya dia sedang menyalahkan diri dia sendiri,” kata Tubagus.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, kualitas udara di Jakarta masih berfluktuasi. Menurutnya, buruknya kualitas udara tergantung beberapa faktor, salah satunya cuaca.

“Saat musim kemarau biasanya kondisinya lebih buruk daripada musim hujan. itu yang pertama.┬ákedua, tergantung ada tidaknya aktifitas lokal yang berpengaruh kepada hasil pengukuran. Kalau ada aktifitas lokal yang tidak sepeti biasanya, misal ada proyek atau konstruksi di sekitar titik pengukuran akan menghasilkan pengukuran yang lebih buruk,” jelasnya. (tama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *