Pasar Jaya Siapkan Besek Pengganti Plastik Untuk Daging Qurban

oleh -618 views

JAKARTAPEDIA.id-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyerukan agar masyarakat menggunakan bahan yang ramah lingkungan saat ibadah qurban nanti. Bahkan, Perumda Pasar Jaya telah menyiapkan besek, anyaman bambu sebagai pengganti plastik untuk pembungkus daging qurban.

“Jadi sejak pekan lalu, PD Pasar Jaya sudah aktif mengumpulkan supplyer besek. Jadi buat para pengrajin besek di mana-mana, saya ingin sampaikan Jakarta siap menampung hasil produksi besek,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Islamic Center, Jakarta Utara, Selasa (30/7/2019).

Diakuinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuat edaran yang menyerukan agar masyarakat tidak mengunakan plastik sekali pakai saat pembagian daging qurban. Menurutnya, bahan yang ramah lingkungan untuk pembungkus daging adalah besek.

“Itu secara lingkungan ramah dan manfaat , itu memberikan manfaat bagi petani bambu dan pengrajin besek di berbagai wilayah di Indonesia. Paling tidak, di Pasar Jaya kita siapkan. Karena itulah kami undang pengrajin untuk ikut suplai. Ada satu hal yang membedakan plastik sekali pakai dengan besek. Besek itu bisa dipakai berkali-kali,” jelasnya.

Dikatakan Anies, penggunaan plastik sangat membahayakan lingkungan. Terlebih kresek hitam yang berpotensi mendatangkan kanker bagi penggunanya.

“Kita, hari ini bisa berikan manfaat ke masyarakat. Bukan saja pada besarannya tapi manfaatnya. Kalau besek pasti pada pelaku ekonomi mikro kecil. Justru kita malah menggerakkan perekonomian di level bawah,” tegasnya.

Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengakui, penggunaan besek jauh lebih ekonomis ketimbang plastik. Menurutnya, harga besek di pasaran mencapai Rp 700-1000 per kam.

“Kalau di tanya harga, memang kemarin itu berkisar 700-1000 rupiah perkam. Kalau hitungan ini dilihat jangka panjang, memang jauh lebih murah lainnya,” kata Darjamuni. (tama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *