Transjakarta Ajak Anak Sekolah Naik Mikrotrans

oleh -831 views

JAKARTAPEDIA.id – PT TransJakarta tengah gencar mengkampanyekan penggunaan transportasi publik. Salah satu yang dibidik adalah kalangan para pelajar melalui program Jak Lingko Goes To School.

Menggandeng Dinas Provinsi DKI Jakarta, kegiatan kali ini digelar di SMA 27 Jakarta. Direktur Pelayanan dan Pengembangan TransJakarta, Achmad Izzul Waro mengatakan, giat Jak Lingko Goes To School merupakan bagian dari upayanya meningkatkan kesadaran menggunakan transportasi publik khususnya mikrotrans sekaligus memberikan edukasi bagi siswa untuk lebih mandiri dalam bertransportasi masal.

Pelajar termasuk dalam katagori belum cukup umur untuk dapat memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sehingga menggunakan kendaraan pribadi dapat menjadi hal yang beresiko, selain mengurangi resiko diharapkan dengan mikrotrans pelajar dapat menjadi mandiri. “Jadi Kesekolah tidak perlu diantar Orang tua, Cukup naik Mikrotrans, Aman, Nyaman dan Gratis!”, tuturnya.

Kehadiran Mikrotrans dijelaskan Izzul juga untuk melengkapi program yang terlebih dahulu ada, yakni Kartu Jakarta Pintar (KJP) plus. Dimana melalui KJP Plus, siswa sekolah gratis menggunakan layanan Transjakarta.

“Dengan kartu Jak Lingko naik mikrotrans bukan hanya untuk anak-anak sekolah saja, tapi diharapkan wali murid, hingga masyarakat semua gratis jika menggunakan kartu Jak Lingko ini,” kata Izzul.

Untuk saat ini dijelaskan Izzul sudah terdapat 48 rute dan 1200 armada Mikrotrans yang telah tersebar dibeberapa titik di Jakarta. Dimana jumlah rute dan armada akan terus ditingkatkan.

“Karena kita tau Mikrotrans ini bagian Jak Lingko, Kegiatan Strategis Daerah yang menjadi prioritas pemerintahan Bapak Gubernur Anies Baswedan. Pemprov DKI memiliki visi untuk memudahkan layanan pergerakan masyarakat menggunakan transportasi umum dari satu titik ketitik lainnya dengan layanan yang baik, nyaman, dan terjangkau,” ujar dia di SMA 27 Jakarta, Selasa (20/9).

“Ini akan terus kita tambah, kita akan terus merangkul para pemilik armada untuk bergabung dengan program Jak Lingko, jadi saat kita ingin seluruh wilayah DKI Jakarta tanpa terkecuali telah terintegrasi dengan Jak Lingko salah satunya Mikrotrans,” tegas Izzul.

Izzul memaparkan, kehadiran Mikrotrans juga turut andil membantu mengentaskan permasalahan polusi di ibu kota. Sebab seperti diketahui saat ini kualitas udara di Jakarta sudah masuk kedalam katagori berbahaya versi AirVisual.

“Saat ini Pemprov Jakarta tengah fokus terhadap pengurangan polusi udara melalui Intruksi Gubernur nomor 66 tahun 2019 tanggal 1 Agustus. Salah satu nya di sektor transportasi. Karna kita tahu pencemaran di Jakarta 74 persen bersumber dari asap kendaraan bermotor..” ucap Izzul.

“Maka dari itu kehadiran Jak Lingko diharapkan mampu menjangkau seluruh kebutuhan akses transportasi publik khususnya mikrotrans yang mampu menjangkau jalan jalan disekitar pemukiman warga dan fasilitas umum lainnya. Sesuai namanya ‘Lingko’ yang artinya Jejaring,” jelas dia.

Terpenting bagi Izzul, kehadiran Mikrotrans diharapkan mampu mengubah budaya siswa yang masih menggunakan kendaraan pribadi kesekolah untuk mau beralih ke transportasi umum.

“Ini komitmen bersama, kita harapkan anak-anak ini mau mengubah kebiasaan ini, berangkat sekolah kini menggunakan transportasi umum Mikrotrans yang sudah disiapkan oleh Transjakarta,” ujar Izzul.

Seperti diketahui bahwa SMAN 27 Jakarta telah dilewati rute Jak 17 (Pulogadung – Senen) sejak 20 Juni 2018 dengan 28 Unit yang beroperasi mulai Pukul 05.00 s.d 22.00 WIB setiap harinya. (tama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *