Vietnam Belajar Sistem Integrasi Transportasi Jakarta

oleh -634 views

JAKARTAPEDIA.id-PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menerima kunjungan resmi dari Kantor Kedutaan Besar Republik Sosialis Vietnam, di Kantor Pusat TransJakarta, Cawang, Kamis (22/8/2019). Rombongan diterima secara langsung oleh Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Agung Wicaksono.

Hadir dalam kunjungan resmi tersebut antara lain Politisi dan Sekretaris Komite Partai Pusat Kota Ho Chi Minh, H.E. Dr Nguyen Thien Nhan,  Duta Besar Republik Sosialis Vietnam untuk Indonesia, H.E Pham Vinh Quang, Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City, Hanif Salim  dan sejumlah delegasi lainnya dari Delegasi Bisnis Kota Ho Chi Minh.

Direktur Utama TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan, kunjungan delegasi dari Kedutaan Republik Sosialis Vietnam tersebut dalam rangka mempelajari sistem Bus Rapid Transit (BRT) Jakarta.

“Transjakarta merupakan pengelola BRT terpanjang dengan posisi jumlah pelanggan terbesar ke-3 di dunia. TransJakarta dalam 5 tahun ini terus bertumbuh hingga mencapai 27% Year on Year (YoY),” ujar Agung Wicaksono di hadapan para delegasi.

Agung menambahkan, dengan mengusung ‘tagline’ connecting life of Jakarta, Transjakarta telah berhasil menaikkan pelanggan sebesar 267% dalam 5 tahun. “Tentunya ini merupakan buah dari kerja keras seluruh komponen di semua level. Ke depan kami menargetkan dapat menaikkan jumlah pelanggan hingga mencapai 1 juta pelanggan per hari,” katanya.

“Dan Transjakarta saat ini  sedang menuju peremajaan 10.000 angkutan umum yang mengacu pada Instruksi Gubernur No.66”, imbuhnya.

Selain mendengar secara langsung paparan tentang sistem Bus Rapid Transit (BRT), delegasi juga mengunjungi secara langsung aktivitas di ruang Command Center. Para delegasi juga diajak untuk melihat secara langsung sejumlah unit armada bus yang saat ini beroperasi, termasuk bus listrik yang dalam waktu dekat akan berooperasi di Jakarta.

Dalam sambutannya Delegasi Vietnam sangat mengapresiasi Pencapaian-pencapaian Transjakarta. “Kami sangat mengapresiasi pencapaian Transjakarta selama ini, dan nanti akan kami jadwalkan kembali untuk kesini (Transjakarta by red) oleh transportasi kami yang terkait guna menindaklanjuti kunjungan ini” ujar H.E Pham Vinh Quang di Kantor Pusat PT Transjakarta hari ini.

Jadwal penindaklanjutan berikutnya adalah Unit Transportasi Kota Hi Cho Minh akan berkunjung untuk mengetahui lebih detail layanan transportasi Jakarta serta sistem BRT yang diterapkan sehingga layanan Transjakarta dapat diadopsi dan dijadikan acuan transportasi yang rencananya akan diimplementasikan oleh Transportasi City Ho Ci Minh di kotanya.

Selain kunjungan ke Transjakarta Delegasi Vietnam ini pun menjadwalkan untuk mengunjungi Transportasi yang ada di Jakarta termasuk Moda Raya Terpadu (MRT). (tama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *