Pemprov DKI Telah Bagikan 4 Juta Masker Kain ke 47 Kelurahan

oleh -179 views

JAKARTAPEDIA.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan pendistribusian masker kain bagi warga DKI Jakarta untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Hingga Selasa (5/5/2020) kemarin, sebanyak 4 juta lebih masker kain sudah didistribusikan ke warga DKI Jakarta di 47 kelurahan.

“Kita distribusinya secara bertahap dan sekarang sudah memasuki tahap ketiga dengan total masker kain yang didistribusikan sebanyak 4.024.628 masker di 47 kelurahan,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati di Balai Kota DKI Jakarta seperti dilansir Rabu (6/5/2020).

Ani mengatakan, pada tahap I, sebanyak 1.512.060 masker kain telah dibagikan di 16 kelurahan. Pada tahap II, lanjut dia, sebanyak 1.520.928 masker kain didistribusikan ke 16 kelurahan.

“Lalu pada tahap III ini, sebanyak 991.640 masker kain yang dibagikan di 15 kelurahan. Jadi, totalnya 4.024.628 masker kain telah didistribusikan di 47 kelurahan,” ungkap Ani.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, pihaknya menyediakan 20 juta masker kain untuk dibagikan secara gratis kepada seluruh warga Jakarta. Masker tersebut, kata Anies, diproduksi langsung oleh penjahit di kampung-kampung.

“Sebanyak 20 juta masker kain ini akan dibagikan kepada seluruh warga di Jakarta,” ujar Anies saat meninjau proses pengemasan masker kain di gudang PD Pasar Jaya, Jakarta Industrial Estate (JIEP) Pulogadung, Jakarta Timur, pada Rabu (29/4/2020) lalu.

Masker kain ini, kata Anies, akan didistribusikan secara bertahap kepada seluruh warga Jakarta. Pembagiannya nanti melalui Kelurahan, kemudian ke RW/RT, lalu nanti akan dibagikan ke setiap kepala keluarga yang ada di Jakarta.

“Setiap orang akan menerima satu paket plastik begini yang berisi dua masker. Jadi seluruh penduduk Jakarta akan mendapatkan dua masker kain yang wajib digunakan kalau meninggalkan rumah,” tuturnya.

Saat ini, kata Anies sudah diproduksi 1,5 juta masker kain di gudang PD Pasar Jaya yang mulai dilakukan pengemasan dan siap didistribusikan pada hari ini juga. Gubernur Anies juga berharap proses produksi, hingga distribusi segera tuntas sehingga seluruh masyarakat dapat memanfaatkan masker kain tersebut dengan baik.

“Jadi harapannya, seluruh penduduk kita bersama-sama secara kolektif mencegah penularan Covid-19 dengan cara menggunakan masker ini. Ini diberikan secara cuma-cuma, jadi tidak perlu membayar. Ini disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Dan ini akan diwajibkan bahwa semua orang menggunakan masker kalau keluar rumah,” pungkas Anies. (dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *