Pemprov DKI akan Tambah Jalur Sepeda Agar Dipakai Juga Sebagai Transportasi

oleh -64 views
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim penjualan sepeda di tengah pandemi corona Covid-19 meningkat hingga 1000 persen. Karena itu, ia berkeinginan untuk menambah jalur khusus kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Riza menjelaskan, penambahan jalur sepeda ini tengah dipersiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub). Bahkan tak hanya panjangnya, jalurnya juga akan diperlebar.

“Iya Dishub sudah mengatur, tidak hanya penambahan panjang, tapi juga lebarnya,” ujar Riza di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Jumat (19/7/2020).

Riza sendiri juga menyambut baik tren bersepeda yang meningkat ini. Terlebih lagi sepeda, kata Riza, tak hanya digunakan sebagai alat olahraga, tapi juga kendaraan untuk transportasi sehari-hari.

“Memang pak gubernur programnya diantaranya menjadikan sepeda tidak hanya alat olahraga dan rekreasi, tapi juga transportasi,” katanya.

Menurutnya pengunaan sepeda yang sedang meningkat ini perlu didorong lebih jauh lagi. Terlebih lagi sepeda merupakan kendaraan murah dan ramah lingkungan yang bisa dipakai bepergian sambil menaiki angkutan umum.

“Prinsipya kami memberi tempat terbaik lah bagi pejalan kaki terutama dan pengguna sepeda,” pungkasnya.

Diketahui sejak tahun 2019, Gubernur Anies Baswedan sudah merencanakan pembangunan jalur sepeda sepanjang 500 km sampai tahun 2022. Anggaran yang akan diajukan bahkan mencapai Rp 73 miliar. Jalur yang bisa dilewati pesepeda itu nantinya kebanyakan akan dibuat di kawasan ganjil-genap (gage).

Rencananya pembangunannya akan dibuat secara bertahap di sejumlah wilayah. “Terutama di jalur-jalur gage perhitungan sementara diperkirakan ada 500-an km yang nantinya bisa menjadi jalur sepeda,” ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Kendati demikian belum diketahui perkembangan proyek ini sampai sekarang terlebih ketika Ibu Kota memasuki masa pandemi. Untuk saat ini, jalur sepeda akan dibuat sepanjang 63 km. Pembangunan ini dibagi ke tiga fase. Fase pertama sepanjang 25 kilometer, kedua 23 km, dan ketiga 15 km. (jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *