Wagub DKI-Pangdam-Kapolda akan Patroli Cegah Kerumunan Malam Tahun Baru

oleh -58 views
Cawagub dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran akan berpatroli mencegah kerumunan menjelang pergantian tahun 2021.

Patroli akan dilakukan di beberapa titik lokasi di Jakarta, salah satunya di Jalan Sudirman-Thamrin.

“Mulai jam 7 malam nanti tidak boleh ada lagi kegiatan, bahkan Pak Kapolda juga mendukung. Nanti ada beberapa titik-titik di Thamrin, Sudirman, dan lain-lain yang memang tidak boleh setelah jam 7 dilalui kendaraan maupun orang yang jumlahnya lebih dari lima. Nanti kami bersama Kapolda, Pangdam, dan lain-lain, Pak Kadis, Satpol PP akan melakukan pemantauan di beberapa titik,” kata Riza setelah meresmikan aplikasi Jaket Bus di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Kamis (31/12/2020).

Riza menuturkan petugas juga akan melakukan pengawasan di perbatasan masuk dan keluar Jakarta. Dia menegaskan tidak boleh ada kegiatan penyambutan tahun baru 2021 di Jakarta yang menimbulkan kerumunan.

“Kemudian nanti di berbagai perbatasan di kota Jakarta juga diperhatikan diawasi keluar masuknya mobil orang dan sebagainya. Prinsipnya tidak boleh ada kegiatan dalam rangka menyambut tahun baru di tahun 2020,” tuturnya.

Riza menyampaikan Pemprov DKI tidak akan segan untuk memberikan sanksi bagi mereka yang masih bandel melanggar aturan terkait protokol kesehatan. Termasuk pencopotan izin usaha bagi tempat usaha yang buka di luar ketentuan jam operasional, apalagi sampai menimbulkan kerumunan.

“Ya sesuai dengan ketentuan Perda Pergub dan lain-lain, siapa pun yang melanggar peraturan yang kita buat bersama, itu ada sanksi. Mulai dari sanksi teguran sampai sanksi pencabutan. Sekali lagi sudah berkali-kali kami sampaikan jangan sampai ada yang coba-coba main-main menganggap enteng dan sebagainya atau merasa paling hebat. Sudah diminta ditutup tapi juga membuka, kami akan menindak tegas termasuk akan melakukan pencabutan izin usahanya bagi yang melanggar izin,” jelasnya.

Riza juga ingin agar warga DKI tidak bepergian. Selain itu, dia meminta komitmen para pelaku usaha untuk tetap dapat mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

“Kami minta komitmen konsistensi kesungguhan dari semuanya, khususnya pelaku usaha untuk bersama-sama kita mengurangi memutus mata rantai penyebaran COVID dan tentu yang paling penting kita semua berharap warga Jakarta bisa patuh, disiplin, taat melaksanakan prokes, tetap berada di rumah bersama keluarga nikmati tahun baru bersama keluarga,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan pengamanan agar tidak ada kerumunan pada malam tahun baru 2021. Setidaknya, sekitar seribu personel dari Satpol PP dikerahkan untuk mengantisipasi kerumunan saat malam tahun baru.

“Satpol PP akan lakukan pengamanan pergantian tahun, jumlah lebih dari 1.300 personel,” kata Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin, saat dihubungi, Rabu (30/12/2020).

Menurut Arifin, telah ada kebijakan dari pemerintah daerah soal kerumunan dan pembatasan operasi restoran dan tempat wisata lainnya. Masyarakat diharapkan patuh pada aturan agar tidak terjadi penularan virus Corona (COVID-19).

“Sesuai dengan seruan Bapak Gubernur (Anies Baswedan), tanggal 31 (Desember) hingga 3 (Januari) sudah disebutkan bahwa ada tempat-tempat yang memang ada pengendalian ketat. Ada yang ditutup, ada yang dibatasi sampai pukul 19.00 WIB,” katanya.

Satpol PP akan mengamankan beberapa lokasi. Termasuk menutup Jalan Sudirman-MH Thamrin pada malam tahun baru. Selain itu, Satpol PP telah memetakan lokasi-lokasi yang dianggap rawan. Lokasi itu tersebar di wilayah-wilayah di DKI Jakarta. (dra/ist)

“Dicari Wartawan Biro Daerah yang mampu berdikari sendiri dalam bidang media jurnalistik untuk 34 Provinsi se-Indonesia, jika Anda tertantang dan mampu silahkan hubungi WA: 0815-1086-8686.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *