Penumpang MRT Didenda Rp 500 Ribu Jika Kedapatan Makan dan Minum

oleh -603 views
MRT Jakarta. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Lantaran masih banyak penumpang MRT yang tidak disiplin, akhirnya PT MRT Jakarta menjatuhkan sanksi denda yang cukup besar yakni Rp 500 ribu. Denda ini diterapkan kepada penumpang ketahuan makan, minum dan duduk di lantai stasiun.

Menurut Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi, pihaknya telah mengamankan 10 penumpang MRT karena ketahuan makan dan minum di dalam stasiun. Mereka lalu dijatuhi denda masing-masing Rp 500 ribu

“Ada sepuluh orang kalau enggak salah,” ujar Effendi di kawasan Haji Nawi, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Hanya menurut Effendi, penumpang itu sebagian besar tidak mampu membayar denda lantaran tidak punya uang.

Namun pihaknya, masih kata Effendi, memberikan peringatan dan penumpang tersebut membuat surat keterangan tidak akan makan dan minum lagi di dalam stasiun MRT. ”Mereka enggak punya uang, jadi kami minta fotokopi KTP dan kami buat surat keterangan agar tidak mengulangi perbuatan itu lagi,” katanya.

Denda tersebut, lanjut dia, sebagai bentuk efek jera agar penumpang tak lagi melanggar peraturan.

Bahkan jika penumpang tetap melanggar dan tidak mampu membayar denda, pihaknya mewajibkan penumpang membuat surat keterangan tidak mampu membayar dari RT dan RW. Sebelumnya, MRT Jakarta juga menerapkan larangan duduk di lantai stasiun. Dendanya sebesar Rp 500.000.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *