Buntut Puluhan Warga Positif Covid, Lockdown Se-RT di Tengah Ibu Kota Jakarta

oleh -49 views
Lockdown Lokal. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Bermunculannya klaster COVID-19 di permukiman warga DKI Jakarta tak bisa terhindarkan. Puluhan warga terpapar Corona imbas mobilitas saat libur Lebaran membuat sejumlah wilayah di DKI harus lockdown se-RT.

Seperti dilansir pada Jumat (11/6/2021) klaster permukiman COVID-19 ada di 2 kota Jakarta yakni Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. RT di wilayah itu yang memiliki kasus positif lebih dari 5 rumah memberlakukan micro-lockdown.

Di mana saja kah itu?

1. Klaster COVID-19 di RT 003 RW 003 Cilangkap Jaktim

Puluhan warga yang bermukim di RT 003 RW 003, Cilangkap, Jakarta Timur, terkonfirmasi positif COVID-19. Pihak Kecamatan Cipayung mengatakan puluhan warga diduga terjangkit virus Corona karena menggelar silaturahmi saat Idul Fitri 2021.

“Klaster kampung istilahnya karena kan dalam satu kampung, dalam satu keluarga besar, pada saat Lebaran ada, apa namanya, silaturahmi. Mungkin nggak tahu kalau yang dikunjungi atau saling mengunjungi ini saling sakit,” kata Camat Cipayung Fadjar Eko Satrio.

Setelah dilakukan penelusuran kontak, sebanyak 111 warga terpapar COVID-19. Namun hingga Jumat (4/6/2021) kemarin, banyak warga yang sudah dinyatakan sembuh, dan tersisa 27 orang yang masih positif.

Ketua RW 003 Rosadi mengatakan 23 warga masih menjalani perawatan di Wisma Atlet. Sisanya, 4 orang, masih dirawat di RS rujukan dan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Pihaknya juga masih memberlakukan micro-lockdown di RT tersebut.

2. Klaster COVID-19 di 1 RT Jagakarsa Jaksel

Satu RT di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, menerapkan micro-lockdown setelah 13 warga terkena COVID-19. Belasan warga itu diduga terpapar COVID-19 usai melakukan mudik dan halalbihalal.

“Di lingkungan itu klasternya banyak, dari klaster pulang kampung dan klaster halalbihalal, terpaksa kami lockdown,” kata pengurus RW 004, Ferni, di Jakarta.

Wakapolres Jaksel AKBP Antonius Agus Rahmanto menjelaskan, dari 13 orang yang positif COVID, sembilan orang telah dirujuk ke rumah sakit. Sementara sisanya menjalani isolasi mandiri di sebuah rumah. (rus/ist)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *