Pemerintah akan Terus Gencarkan Vaksinasi Demi Capai “Herd Immunity”

oleh -37 views
Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) DKI Jakarta Prof. DR. dr. Rini Sekartini, SpA (K) mengatakan sejauh ini kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) untuk vaksinasi COVID-19 pada anak tidak banyak ditemukan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, vaksin COVID-19 aman untuk anak. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pemerintah akan terus gencarkan vaksinasi dalam rangka mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity secara nasional.

“Seperti yang bapak dan ibu lihat, perhatian dan usaha keras pemerintah menyegerakan program vaksinasi secara nasional agar terbentuk herd immunity, tak henti kami kerjakan dan akan terus digencarkan,” ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (22/8/2021).

Menurut Menteri BUMN, kegiatan yang melibatkan TNI/Polri, perusahaan BUMN, dan Pemda menunjukkan kami ingin masyarakat segera sehat dengan divaksin sehingga bisa bekerja dan beraktivitas seperti semula, dan tetap menjalankan protokol kesehatan atau prokes.

Upaya tanpa henti pemerintah untuk terus menjalankan program vaksinasi demi menekan angka kasus COVID-19 harus direspon positif oleh masyarakat.

Dengan berinisiatif untuk datang ke sentra-sentra vaksin yang digelar pemerintah pusat dan daerah, serta perusahaan BUMN dan juga TNI/Polri, maka rakyat menjadi bagian penting untuk mepercepat terbentuknya herd immunity.

Hal tersebut dinyatakan Menteri BUMN, Erick Thohir ketika mendatangi tiga sentra vaksin di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang dibuka serentak, Minggu (22/8/2021).

Perhatian penuh pemerintah dalam program vaksinasi yang digelar di kota Cepu, Jawa Tengah dan Bojonegoro, Jawa Timur ditunjukkan dengan kehadiran Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Erick Thohir mengimbau dan berharap agar masyarakat di Jateng dan Jatim berbondong-bondong ke lokasi vaksinasi.

Vaksinasi Merdeka yang digelar di Cepu, selain melibatkan PT Pertamina, PT Jasa Raharja, dan Telkom, juga menyertakan Dinas Perhubungan provinsi Jateng, Polda Jateng dan Kodam IV/Brawijaya. Sedangkan sentra vaksin di Jatim yang bertempat di SMP 1 Padangan, Bojonegoro melibatkan Pelindo III yang berkolaborasi dengan Dishub Jatim, Polda Jatim, dan Kodam V Brawijaya. Satu sentra vaksin lainnya digelar di Dolokgede, Bojonegoro.

“Keterlibatan pemerintah pusat, perusahaan BUMN, serta instansi lain ini merupakan bentuk tanggung jawab bersama sesuai arahan dan target Presiden Joko Widodo. Kami, para menteri yang hadir saat ini, akan terus mengawal dan berkolaborasi agar Indonesia Sehat yang kita cita-citakan terwujud demi Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh,” kata Erick Thohir.

Menurut rencana, sebanyak 15 ribu vaksin disiapkan untuk tiga sentra vaksin tersebut. Tak hanya melayani masyarakat dari kalangan umum, lansia, dan pelajar, para pekerja layanan publik dan pekerja di sumur minyak dan gas blok Cepu juga menjalani vaksinasi.

Upaya total pemerintah mengejar program vaksinasi dtargetkan untuk menekan angka Indeks Reproduksi (RT) virus COVID-19 hingga di bawah 1 serta positivity rate kasus COVID-19 agar segera turun di bawah 5 persen. (rus/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *