Disdukcapil DKI Jakarta Tindak Lanjuti Temuan Soal Tambahan Persyaratan yang Tidak Prosedur di 9 Kelurahan

oleh -245 views

JAKARTAPEDIA.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta menindak lanjuti temuan penyidakan atas persyaratan tambahan yang tidak sesuai prosedur yang berlaku di 9 kelurahan di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Laporan yang disampaikan tim Ditjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri RIĀ  membuat Dukcapil Provinsi DKI Jakarta akan terus membenahi diri untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Beberapa diantaranya Dukcapil Provinsi DKI Jakarta telah mengevaluasi hasil sidak Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI atas beberapa temuan di lapangan.

Dari temuan tersebut para kasudin, kasektor dan kasatpel yang berada di seluruh wilayah DKI Jakarta terkait wilayah yang disidak oleh tim tersebut untuk dibina sesuai aturan.

Dukcapil Provinsi DKI Jakarta mensosialisasikan dan membina seluruh pejabat yang melayani masyarakat baik tingkat Provinsi hingga pada tingkat Kelurahan.

Pelayanan tadi terkait pedoman administrasi pelayanan kependudukan sesuai Perpres 96 tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dan Permendagri RI 108 tahun 2019 Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018.

Tidak hanya itu, Dukcapil Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada seluruh pegawai yang ada di Dinas dan wilayah Kota/Kabupaten untuk turun ke kecamatan dan kelurahan mengecek terkait prosedur dan persyaratan pelayanan yang tidak sesuai aturan. Sekaligus mengganti banner-banner layanan ataupun informasi melalui selebaran yang masih beredar dan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Terakhir, setelah satu minggu mengevaluasi dan membina, jika masih terdapat adanya syarat tambahan, pungli dan grativikasi yang tidak sesuai dengan aturan serta masyarakat dipersulit melakukan pelayanan maka, silahkan melalui nomer pengaduan Dinas Dukcapil Prov. DKI Jakarta menghubungi (dilampirkan dengan bukti-bukti pelanggaran).

Jika terbukti menyalahi aturan maka petugas akan diberikan sanksi sesuai aturan.

Nomer Pengaduan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta : 081222250781 (Whatsapp).

(dra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *