Wow! Warga Kampung Melayu Urunan Ceban Bisa Luncurkan Mobil Ambulan Gratis

oleh -265 views
Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat yang didampingi oleh Camat Jatinegara Endang Sopyan dan Lurah Kampung Melayu Angga Harjuno meluncurkan mobil ambulan gratis warga Kampung Melayu pada Rabu (20/10/2021). (foto: Indra/jale)

JAKARTAPEDIA.id – Kelurahan Kampung Melayu resmi meluncurkan mobil Ambulan untuk memenuhi kebutuhan transportasi warga setempat ke rumah sakit atau sebaliknya dari rumah sakit ke rumah pasien. Uniknya, mobil ambulan tersebut hasil urunan Rp.10.000 atau ceban yang dikumpulkan bersama donatur lainnya.

Ketua Badan Pengelola Ambulan Kelurahan Kampung Melayu, Syamsudin mengatakan salah satu alasan warga berinisiatif untuk memiliki mobil ambulan yaitu adanya lonjakan kasus Covid-19 pada periode bulan Juni-Juli lalu. Saat itu, banyak warga terpapar Covid-19 sangat membutuhkan ambulan sebagai sarana transportasi ke rumah sakit.

“Awalnya memang karena adanya kasus Covid-19 yang begitu parah beberapa waktu lalu. Banyak warga yang positif Covid-19 harus dirawat bahkan ada yang meninggal butuh mobil ambulan. Nah dari situ timbulah inisiatif untuk pengadaan ambulan,” kata Syamsudin saat ditemui di sela-sela peresmian yang dilakukan Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Rabu (20/10/2021) pagi.

Untuk mewujudkan keinginan warga akan mobil ambulan, Syamsudin menuturkan, jajaran Kelurahan Kampung Melayu langsung merespon adanya aspirasi tersebut. Tidak hanya itu, warga pun ikut menyumbangkan dana sebesar Rp 10.000 demi adanya tranportasi kesehatan itu.

“Kita lalu berkolaborasi dengan stakeholder yang ada di Kelurahan Kampung Melayu yaitu FKDM, Karang Taruna hingga RT/RW. Bahkan konsep untuk pengadaan Ambulans tersebut disambut positif oleh warga dengan menyumbangkan dana Rp 10.000 per KK,” paparnya.

Setelah tersedianya mobil ambulan tersebut, Syamsudin menambahkan, diharapkan memberikan manfaat terhadap warga yang sedang membutuhkan. Kata dia, ambulan tersebut bisa digunakan untuk warga secara gratis.

“Mobil ambulan ini adalah dari warga untuk warga. Untuk pengemudi pun, warga tidak perlu khawatir karena sudah kita sediakan. Kita juga berharap, upaya pengadaan Ambulan Kelurahan Kampung Melayu ini, bisa menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lain yang ada di Jakarta,” ucap dia.

Syamsudin menambahkan, meski mobil ambulan tersebut diprioritaskan untuk warga setempat, namun mobil ambulan tersebut juga bisa digunakan untuk warga dari wilayah apabila membutuhkan.

“Memang Mobil ambulan ini diadakan untuk keperluan kesehatan warga setempat. Tapi kalau ada warga lain juga butuh, silahkan saja,” tandasnya.

Peresmian mobil ambulan ber tagline ‘Dari Warga Untuk Warga’ tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat yang didampingi oleh Camat Jatinegara Endang Sopyan dan Lurah Kampung Melayu Angga Harjuno. (dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *