Penanggulangan Banjir, SDA Jaktim akan Bangun 50 Saluran Air Melalui e Katalog

oleh -15 views
Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri. (dra/bj)

JAKARTAPEDIA.id – Sebagai salah satu upaya menanggulangi banjir, pada tahun ini Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur akan membangun saluran air di 50 titik lokasi rawan genangan.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan, pembangunan 50 saluran air beserta sarana pendukungnya ini merupakan realisasi usulan warga yang disampaikan melalui Musrenbang tahun-tahun sebelumnya.

“Sekarang sedang menunggu untuk proses lelang e-katalog. Kami juga akan survei ulang 50 lokasi tersebut,” kata Saugi, Kamis (13/1/2022).

Selain saluran air, lanjut Saugi, pihaknya juga akan membangun rumah pompa Cipa atau Cipinang Permata di Jl Mayjen Sutoyo, Kebon Pala, Makasar. Di lokasi ini akan ditempatkan tiga pompa yang masing-masing berkapasitas 2.000 liter per detik.

Pada tahun ini, Sudin SDA Jaktim juga akan melakukan pengadaan 20 unit pompa mobile pengendali banjir dengan perincian empat unit pompa berkapasitas 500 liter per detik, dua unit pompa kapastas 1.000 liter per detik, serta 14 pompa kapasitas 250 liter per detik sebanyak 14 unit.

Menurut Saugi, dari 14 unit pompa berkapasitas 250 liter per detik itu, 10 unti bakal disebar ke kantor kecamatan dan empat unit akan ditempatkan di Waduk Aneka Elok serta Pulomas.

“Pada tahun ini juga kami akan bangun 10 titik pintu air. khususnya pada titik inlet dan outlet waduk, serta saluran penghubung,” beber Saugi. (dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *