Cerita Handry Domal Pengusaha Muda yang Buka Usaha Barber Shop

oleh -688 views

LABUAN BAJO, JAKARTAPEDIA.id – Jeli melihat peluang adalah kunci dalam berwirausaha.

Pengalaman sehari-hari kadang kala menjadi pijakan awal untuk mulai berpikir menggeluti usaha sendiri.

Seperti yang dialami pemuda asal Labuan Bajo, meski lulusan perguruan tinggi, dirinya memutuskan untuk memulai usaha sendiri dan sukses menangguk cuan.

Adalah Agustinus Handry Domal, pemuda asal Waemata, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat yang sukses dengan usaha barber shop miliknya.

Tidak kurang dari Rp 5 juta diperolehnya setiap bulan dari bisnis potong rambut itu.

Pria kelahiran 1992 ini, memang memiliki keinginan kuat untuk berwirausaha. “Saya memang ingin buka usaha, tidak ingin bekerja kantoran,” katanya kepada wartawan JAKARTAPEDIA.id.

Maka usaha pangkas rambut menjadi pilihannya. Dirinya merasa yakin usaha ini tidak pernah mati. “Karena sudah menjadi kebutuhan setiap orang,” imbuhnya.

Ditambah lagi, dirinya mengawali usaha tersebut terinspirasi dari media seperti Youtube dan juga dorongan dari keluarga dan teman-teman.

“Saya awali usaha ini, saya sering menonton youtube, maka usaha ini akan terus ada,” imbuh pria bertubuh gempal ini.

Setelah melalui pertimbangan yang cukup matang, maka begitu lulus dia langsung mengeksekusi apa yang menjadi angannya.

Ia mendirikan barber shop di kediamannya Waemata, Desa Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat. Usahanya ini diberi nama “Barber Kings”.

Meski dirinya merupakan anak dari seorang mantan anggota Polri, namun saat mendirikan, dia juga tidak mau merepotkan orang tuanya.

Tabungan yang dimiliki dia bedah seluruhnya. Masih ditambah investaris sedikit dari orang tuanya.

Saat membuka usaha ini, Handry mengaku belum memiliki tukang potong rambut. Dan semuanya benar-benar dari nol.

“Namun, setelah tanya sana sini, saya ketemu teman yang merupakan kerabat sejak kecil, Maka dia saya rekrut sampai sekarang,” ucapnya.

Berjalan tiga bulan, usahanya ini berkembang pesat.

Apalagi, banyak fasilitas yang ada di Barber kings. Seperti free WiFi, keramas, product scarlett, Pomad, serta pijat.

Ongkosnya juga murah hanya Rp 20 ribu. Jika ditambah sama pijat dan keramas maka ongkos-nya Rp 25 ribu.

Ia juga menekankan kepada karyawan untuk mengedepankan keramahan agar pelanggan menjadi senang.

Handry mengatakan, usahanya ini semata-mata ingin ikut menolong orang lain yang belum memiliki pekerjaan.

Apalagi di musim pandemi Covid-19 saat ini, mencari pekerjaan cukup sulit, sehingga orang harus berpikir kreatif.

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis barbershop berkembang pesat, terutama di kota-kota besar. Banyak bermunculan barbershop baru, yang dipicu oleh semakin meningkatnya kebutuhan kaum pria untuk tampil lebih rapi dan menarik dengan potongan rambut yang stylish dan berkelas.

Banyak pengusaha muda yang tertarik untuk terjun di bisnis ini, yang pada dasarnya menggabungkan bisnis jasa dan lifestyle. Hal ini jadi peluang usaha, terlebih bagi anak-anak muda yang punya passion di bidang tersebut.

Apakah saya tertarik juga untuk menjalankan bisnis ini? Berikut tips yang diberikan Handry.

# Yang pertama memilih lokasi yang tepat.

Lanjut dia, pemilihan lokasi yang strategis dalam hal ini jadi suatu faktor penting yang menentukan kesuksesan usaha barbershop.

Semakin strategis lokasi yang dipilih, maka semakin tinggi pula peluang bagi barbershop kamu untuk dikunjungi pelanggan. Kalau kamu punya rumah di lokasi yang strategis, mungkin kamu bisa ‘menyulapnya’ jadi barbershop.

#Mengusung Konsep Yang Menarik

Dirinya juga menyampaikan, Saat ini banyak barbershop yang menawarkan lebih dari sekedar tempat mencukur rambut yang berisi deretan kursi di hadapan cermin.

Barbershop yang kekinian menyediakan lounge yang cozy, ditemani alunan lagu yang menenangkan dan wangi aromaterapi yang membuat pelanggan semakin nyaman grooming di sini.

Bahkan ada pula barbershop semi cafe yang menawarkan tempat ngopi yang asyik. Kamu juga bisa membuat barbershop dengan model seperti ini sehingga pelanggan akan betah menghabiskan waktu di sini.

#Mempekerjakan Barber Berpengalaman

Tips yang ketiga ini, dia sampaikan bahwa setiap barbershop membutuhkan seorang barber yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Kesuksesan bisnis ini tergantung pada keterampilan dan juga pengalaman barber yang kamu rekrut, karena akan berdampak pada kepuasan pelanggan.

Untuk itu, “pilihlah barber yang berpengalaman yang  menguasai skill potongan rambut model kekinian sehingga menarik hati pelanggan untuk selalu setia berkunjung. Lebih dari keahlian teknis, mereka juga harus mampu bersikap ramah dan sopan ketika berinteraksi dengan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan puas sehingga mereka tidak ragu untuk kembali lagi serta merekomendasikan barbershop kamu pada orang-orang terdekat mereka”, tuturnya.

Diakhir perbincangan dirinya menyampaikan “If you want something you’ve never had, you must be willing to do something you’ve never done”(Jika kamu menginginkan sesuatu yang tidak pernah kamu miliki maka, kamu harus bersedia melakukan sesuatu yang belum pernah kau lakukan). (paul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *