XL Axiata Mulai Operasikan Jaringan 4G di Beberapa Kabupaten/Kota di Maluku

oleh -21 views

MALUKU (JAKARTAPEDIA.id) – Pembangunan jaringan infrastruktur 4G hasil kerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo dengan menggunakan skema Universal Service Obligation (USO).

“Memanfaatkan program USO, kami berupaya untuk turut menyediakan jaringan 4G hingga area-area pelosok. Semoga keberadaan ratusan infrastruktur jaringan 4G tersebut mampu mendorong produktivitas ekonomi dan memfasilitasi kebutuhan sosial warga sekitar, serta membuka keterisolasian mereka dari dunia luar,” ujar Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam siaran persnya, Selasa (21/9/2021) dilansir dari detik.com.

Provinsi Maluku ada total 39 BTS USO, tepatnya berlokasi di Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Layanan 4G XL Axiata di Kepulauan Maluku, telah mulai beroperasi sejak Desember 2019 dan terus bertambah sepanjang 2020.

Lewat layanan 4G ini, tersedia akses data bagi warga masyarakat di kawasan ini, setelah sebelumnya, desa tempat tinggal mereka sama sekali belum pernah terjangkau oleh jaringan data.

Setelah lebih dari setahun beroperasi, saat ini masing-masing BTS USO di wilayah tersebut telah melayani warga sekitar dan dimanfaatkan secara aktif oleh ratusan pelanggan layanan telekomunikasi dan data.

Trafik layanan juga terpantau terus meningkat seiring dengan terus meningkatnya pemahaman warga atas manfaat jaringan telekomunikasi dan data, termasuk untuk mendukung aktivitas ekonomi dan sosial.

Hingga saat ini XL Axiata mengoperasikan total 362 BTS USO yang berada di 344 desa yang berada di 61 kabupaten dan 17 provinsi.

XL Axiata akan terus berupaya menghadirkan layanan telekomunikasi dan data dengan kualifikasi jaringan 4G untuk masyarakat di desa-desa yang sebelumnya sama sekali belum terjangkau layanan tersebut. (ist/jerry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *