Tarif Tiket Kapal Cepat Mahal, Ketua GMBK Kesal Dengan Dinas Perhubungan dan DPRD MBD Komisi C.

oleh -45 views

MALUKU BARAT DAYA, MALUKU (JAKARTAPEDIA.id) – Kapal Santika Lestari 77B merupakan kapal milik PT Pelayaran Dharma Indah yang berada di Kota Ambon. Kapal tersebut beroperasi di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dengan rute kapal antara lain yakni; AMBON-DAMER-MOA-LETI-KISAR-ROMANG PP.

Setelah dikonfirmasi JAKARTAPEDIA.id pada Rabu, (20/10/2021), Ketua Umum Gerakan Membangun Bumi Kalwedo (GMBK) Dames Lewansorna mengungkapkan bahwa awal beroperasinya kapal tersebut sangat membantu rakyat MBD dalam hal ini harga tiketnya sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. Namun lambat laun kapal tersebut menyusahkan rakyat MBD.

Lanjutnya, setelah terjadinya bencana non alam (Covid-19), harga tiket mahal dan sangat dimaklumi karena pembatasan penumpang. Biaya operasional kapal tidak akan terespon dengan penumpang yang hanya 50 Hong 60%. Itulah sebabnya masyarakat harus berlaku bijak saat memilih angkutan di masa pandemi.

Akan tetapi kini sudah kembali normal dan penumpang sudah tidak ada pembatasan lagi. Artinya harga tiket sudah harus normal seperti semulah, namun yang terjadi malah sebaliknya.

“Saya tahu bahwa terkait dengan tiket kapal cepat memang adalah hak perusahaan. Namun pemerintah Kabupaten MBD terkhusus DPRD Komisi C yang diketuai oleh Frits Pera STh dan Kepala Dinas Perhubungan MBD, Herdi D. Ubro, SE, MM, mestinya menyikapi hal ini sebagai tanggungjawab bersama untuk menciptakan kenyamanan terhadap rakyat MBD,” ungkapnya.

Sejak bulan Juni 2021, sambungnya lagi, kapal tersebut sudah tidak lagi ada pembatasan terkait dengan penumpang, persoalan ini jika dihitung dari bulan Juni maka sudah 5 bulan rakyat MBD menderita akibat harga tiket yang melonjak naik secara drastis. “Miris sekali, sebenarnya Wakil Rakyat terkhususnya Komisi C dan Dinas Perhubungan punya kegelisahan terhadap rakyat ataukah tidak?” katanya.

Herannya pemerintah Kabupaten MBD banyak sekali mendapatkan penghargaan namun rakyatnya masih dalam Kesengsaraan.

“Untuk itu, saya berharap secepatnya Dinas Perhubungan MBD dan DPRD Komisi C segera berkordinasi dengan pihak perusahaan terkait harga tiket kapal Santika Lestari 77B,” tutup Lewansorna. (jerry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *