Data Masuk 92 Persen, Jokowi dan Prabowo Selisih 15,5 Juta Suara

oleh -162 views
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Sistem Informasi Penghitungan Suara Komisi Pemilihan Umum (Situng KPU) mendata suara tingkat nasional yang masuk pada hari Senin (20/5/2019) pukul 23.30 WIB mencapai 92,04 persen dengan selisih antara pasangan calon Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mencapai 15,5 juta suara.

Situng KPU mencatat jumlah suara Jokowi-Ma’ruf sekitar 78.299.052 suara, sementara Prabowo-Sandiaga meraih 62.795.789 suara.

Tercatat jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang telah masuk sebanyak 748.797 dari 813.350 TPS se-Indonesia.

Berdasarkan pantauan melalui laman resmi www.pemilu2019.kpu.go.id menunjukkan beberapa provinsi telah menyelesaikan penghitungan suara, seperti Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, D.I. Yogyakarta, dan Bali.

Berikutnya, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Utara.

Situng bisa diakses secara bebas melalui laman resmi pemilu2019.kpu.go.id dengan penghitungan suara dimutakhirkan secara berkala.

Sumber data yang dimasukkan ke Situng adalah formulir C1 atau hasil penghitungan tiap TPS yang dipindai dan diunggah ke sistem.

Penghitungan suara pada Situng yang sering kali disebut dengan real count KPU itu merupakan bentuk transparansi bagi masyarakat untuk turut memantau proses pemilu.

Walaupun demikian, data pada Situng tidak akan menjadi hasil resmi perolehan suara akhir. Penetapan rekapitulasi suara akhir tetap dilakukan berdasarkan penghitungan manual berjenjang, mulai tingkat kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional.

Rekapitulasi Pilpres Kemungkinan Selesai Malam Ini

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemungkinan akan mengumumkan hasil Pemilu 2019 pada Senin (20/5/2019) malam ini. Jika seluruh proses rekapitulasi perolehan suara secara nasional pemilu 2019 selesai, maka KPU kemungkinan langsung mengumumkan hasil pemilu.

“Kalau hari ini yang diumumkan itu hasil perolehan suaranya yang ditetapkan,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta.

Sampai saat ini, KPU sudah menetapkan hasil rekapitulasi DKI Jakarta dapil II dengan menambahkan suara hasil rekapitulasi dari Kuala Lumpur, Malaysia, Riau, Sumatera Utara, dan Malaku.

Sampai dengan berita ini ditulis, KPU masih melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara nasional untuk provinsi Papua. Jika rapat pleno rekapitulasi untuk Papua selesai, maka KPU berencana akan mengumumkan hasil pemilu malam ini.

Lebih lanjut, Arief mengatakan, untuk penetapan calon terpilih akan diumumkan dalam waktu tiga hari ke depan jika tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). KPU masih menunggu hal itu.

“Setelah hasil perolehan suara, kita tunggu dulu dalam tiga hari ke depan ada sengketa tiga hari setelah ditetapkan apakah ada sengketa MK atau tidak, kalau tidak ada baru ditetapkan calon terpilihnya siapa,” pungkas Arief. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *