Diskon Tarif Ojek dan Taksi Online Bakal Ditinjau Kembali

oleh -31 views
Ilustrasi Ojek Online. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Kementerian Perhubungan akan meninjau kembali regulasi tarif ojek online (ojol) dan taksi online terutama penerapan diskon .

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan regulasi baru tarif itu nantinya berupa Peraturan Menteri atau surat edaran.

“Diskon semestinya tidak diterapkan dalam bisnis transportasi online, karena akan mematikan usaha-usaha angkutan lain yang sejenis,” ucap Budi Karya.

Menurutnya, diskon langsung yang diberikan oleh aplikasi angkutan online saat ini memang tidak ada. Namun diskon itu justru diberikan oleh pihak ketiga atau mitra bisnis dari penyedia aplikasi angkutan online.

Guna melarang penerapan diskon tersebut, baik oleh partner bisnis maupun oleh penyedia aplikasi, Budi bermaksud segera mengeluarkan aturan agar larangan terkait diskon ini ada dalam payung hukum yang jelas.

Keberadaan diskon pendapat menteri tidak memberikan keuntungan berkepanjangan. Justru sebaliknya diskon akan membunuh usaha sejenis yang ada.

“Diskon hanya memberikan keuntungan sesaat, tapi for the long term itu saling membunuh. Itu yang kita tidak ingin terjadi,” jelas menteri.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menambahkan diskon yang biasa diterapkan dalam bisnis angkutan online ini serupa dengan predatory pricing, yang disebabkan oleh persaingan usaha dan saling membunuh antara usaha sejenis.

Pihaknya akan memanggil beberapa pihak terkait. Diantaranya OJK, BI, hingga KPPU. “Kami akan undang OJK, BI, KPPU kemarin kita sudah komunikasi dengan KPPU,” kata dirjen. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *