Dampak Covid-19 Meluas, VW Hentikan Produksi Pabrik-pabrik Eropa

oleh -133 views
Pabrik Industri Otomotif Mobil VW. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Produsen mobil Jerman Volkswagen (VW) akan menghentikan sementara secara bertahap operasi pabrik-pabriknya di Eropa menyusul meningkatnya penyebaran pandemik corona baru (COVID-19).

Langkah itu akan memengaruhi pabrik komponen Grup Volkswagen, namun menunjukkan respons VW terhadap penurunan permintaan yang cepat di pasar otomotif.

Mereka juga mengalami risiko rantai pasokan. Hal itu disebabkan laju infeksi corona dan tindakan yang diambil oleh pihak berwenang, kata VW dalam pernyataan resminya yang dilansir Kamis (19/3/2020).

VW merencanakan akan menutup pabrik-pabrik di Eropa selama dua minggu, tapi keputusan pastinya akan ditetapkan setelah shift kerja terakhir, Kamis hari ini.

“Penyebaran coronavirus di Eropa semakin berdampak buruk pada situasi permintaan. Pada saat yang sama, menjadi semakin sulit untuk memasok pabrik kami dengan bagian-bagian outsourcing.”

“Untuk alasan itu, kami telah memutuskan untuk menurunkan produksi secara terkoordinasi sejak akhir shift akhir pada hari Kamis,” kata Ralf Brandstätter, Chief Operation Officer Volkswagen Passenger Cars.

Gunnar Kilian, Anggota Dewan SDM Grup Volkswagen, mengatakan VW secara konsisten beroperasi berdasarkan prinsip bahwa kesehatan adalah prioritas utama.

Ketua Dewan Pekerja Bernd Osterloh menyambut penangguhan produksi. “Pada saat orang tidak dapat lagi bertemu di taman bermain atau untuk konser, pergi ke gereja atau mengunjungi restoran di malam hari dan tidak lagi membeli mobil, dan Volkswagen memiliki masalah pasokan, produksi tidak dapat lagi dilanjutkan saja seolah-olah tidak ada yang terjadi.”

Untuk melindungi karyawannya, Volkswagen menerapkan tindakan lebih lanjut untuk mencegah penyebaran corona virus. Mulai hari ini dan seterusnya, kantin perusahaan, toko swalayan, kafetaria, bistro, restoran, dan layanan katering akan ditutup.

Sebagai prinsip umum, semua rapat akan diadakan melalui Skype atau video. Semua acara besar telah dibatalkan.

Selain itu, perlindungan khusus berlaku untuk karyawan dengan risiko kesehatan khusus sebagai akibat dari kondisi yang sudah ada sebelumnya yang memengaruhi jantung atau paru-paru dan karyawan dengan sistem kekebalan yang melemah.

Selain itu, karyawan yang kembali ke Jerman dari negara lain setelah 14 Maret dilarang dengan segera memasuki lokasi pabrik dan fasilitas lain Volkswagen AG selama masa inkubasi 14 hari kerja.

Untuk menjaga agar penularan virus serendah mungkin, kontak harus dihindari. Manajer dan karyawan harus meninjau kemungkinan kerja seluler, seperti bekerja dari rumah. Sebagai prinsip umum, kerja seluler dimungkinkan hingga lima hari per minggu.

Langkah-langkah ini juga mencakup penghentian perjalanan bisnis–untuk semua pabrik dan juga ke negara lain. Ini juga berlaku untuk perjalanan antarlokasi. Penerbangan antar-jemput internal antarlokasi telah dihentikan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *