Ketua DPRD: Segera Lakukan Hujan Buatan

oleh -770 views

JAKARTAPEDIA.id-Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengimbau agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera melakukan hujan buatan. Dia menilai, hujan buatan bisa mengurangi polusi udara dengan cepat yang ada di ibu kota.

“Hujan buatan, bagaimana caranya kan bisa dari ahlinya. Supaya apa? Karena sekarang kita masuk ke hidung sedikit saja sudah kekotoran, sudah karena kepenatan dan emang ini harus kepanjangan daripada situasi dan kondisi awan terang terus. Jadi harus ada buat hujan buatanlah intinya,” ujar Prasetio yang akrab disapa Pras, di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Di sisi lain, anggota komisi D DPRD DKI Jakarta, Neneng Hasanah, menilai solusi paling tepat untuk menekan polusi udara adalah dengan pemenuhan jumlah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta. Saat ini, jumlah RTH di Jakarta hanya berkisar 9 persen, sementara undang-undang mengamanatkan agar RTH mencapai 30 persen dari luas wilayah yang ada.

“Solusi untuk polusi udara, ya penuhi RTH itu. Masa dari dulu cuma 9 persen mulu. Atau jangan-jangan RTH kita sekarang malah berkurang karena banyak dibangun warga. Kan seharusnya menurut undang-undang itu jumlah RTH harus 30 persen,” kata Neneng.

Menurutnya, nilai Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta cukup besar untuk menambah RTH di ibu kota. Untuk itu, pihaknya meminta Dinas Kehutanan agar segera mengalokasikan pembebasan lahan khusus untuk RTH.

“Ya, bebaskan lahan yang banyak. Kalau butuh anggaran, ngomong ke kita. Kalau perlu dipertebal anggarannya agar pembebasan lahan itu berjalan lancar. Kan selama ini alasannya, harga tanah selalu mahal yang akhirnya pembebasan lahan mereka gagal,” katanya. (tama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *