Tekan Polusi, Komisi D Alokasikan Rp 30 Miliar Untuk Tanaman

oleh -688 views

JAKARTAPEDIA.id-Untuk menekan polusi udara Jakarta, Komisi D DPRD DKI Jakarta menyetujui adanya penambahan anggaran hingga Rp 30 miliar. Anggaran ini dialokasikan untuk pembelian pohon yang akan di tanam ruang terbuka hijau (RTH) di ibu kota.

“Di kehutanan, kita masih butuh untuk pengadaan pemakaman dan pertamanan. Bahkan, ada penambahan Rp 30 miliar untuk pembelian tanaman hias dan pohon penyerap polusi udara. Itu sudah disetujui komisi D,” ujar anggota komisi D DPRD DKI Jakarta, Neneng Hasanah, di Jakarta, Rabu (21/8).

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengakui adanya penebalan anggaran untuk pembelian pohon di dinasnya. Namun, pihaknya enggan memastikan berapa penambahan anggaran itu karena belum diketok palu oleh DPRD DKI Jakarta.

Menurutnya, salah satu komponen anggaran yang diajukan sebesar Rp 9,9 miliar untuk membeli tanaman hias penyerap polusi udara. Tanaman hias itu akan ditanam di sepanjang trotoar jalan Sudirman-Thamrin, Satrio, Kasablanka, Cikini, Kemang, dan jalan protokol di berbagai wilayah Jakarta.

“Kita mengutamakan adalah tanaman yang bebas polutan seperti bougenville, karena bougenville itu termasuk yang kategori tertinggi menyerap polutan. Itu 45,44 miu gram per gram. Jadi kita tanam itu secara massal. Kemudian selain dia menyerap polutan, dia sebagai juga tanaman yang berbunga sepanjang tahun,” kata Suzi.

Dengan menanam tanaman hias, lanjutnya, Dinas Kehutanan DKI Jakarta juga ingin menjadikan kota Jakarta lebih cantik dan asri. Terlebih tanaman hias ini diyakini tahan terhadap semua cuaca sehingga memudahkan untuk perawatannya.

“Bunga sakura enggak cocok di Jakarta. Mungkin bukan bunga sakura, tapi kelihatannya seperti sakura sebetulnya itu tabebuya. Tabebuya itu ada ungu, pink, dan kuning, dan di Jakarta itu akan kita lokalisir, yaitu Jakarta Pusat warna tabebuyanya pink, Jakarta Selatan ungu, Jakarta Utara kuning,” tegasnya. (tama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *