Tips Cara Memanajemen Stres

oleh -98 views

JAKARTAPEDIA.id – Organisasi Kesehatan Dunia, WHO memperkirakan India memiliki 34,33% pangsa pemuda dalam jumlah penduduk pada 2020 dan India menjadi rumah bagi sekitar 57 juta orang (18 persen dari perkiraan global) yang dipengaruhi oleh depresi.

Rasio kaum muda yang menderita kesehatan mental meningkat dari tahun ke tahun. Beberapa penelitian telah menunjukkan peningkatan yang stabil dalam gangguan kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan dan gangguan penyalahgunaan zat di kalangan anak muda.

Generasi muda menghadapi dilema unik. Mereka menghadapi isolasi, meski banyak teman media sosial. Penekanan pada kinerja dalam pendidikan, pekerjaan, berdampak buruk pada kesehatan mental kaum muda.

Seperti dilansir Times of India, Ekta Soni, Konsultan Senior, Psikologi dari Indraprastha Apollo Hospitals berbagi cara manajemen stres seperti dilansir Rabu (21/8/2019).

“Stres adalah cara tubuh untuk memberi tahu bahwa kita sedang berjuang untuk mengatasi semua tuntutan kita atau bahwa kita harus menghadapi suatu masalah. Ini dapat menyebabkan masalah fisik seperti sakit kepala dan masalah tidur,” kata Ekta.

“Ini memengaruhi cara tubuh melawan infeksi seperti flu, jadi kita lebih mungkin jatuh sakit ketika kita stres. Terlalu banyak stres juga buruk bagi kesehatan mental kita. Itu bisa membuat kita merasa lelah, mudah tersinggung, atau tertekan. Itu memengaruhi kemampuan kita untuk berpikir, berkonsentrasi, dan bereaksi. Terlalu banyak stres bahkan bisa menjadi faktor risiko kita terkena penyakit mental atau kambuh,” tambahnya.

1) Manjakan diri dalam aktivitas fisik rutin.

Aktivitas fisik adalah cara terbaik untuk melepaskan stres. Segala bentuk aktivitas fisik, baik itu jalan cepat, berlari, latihan intensitas tinggi, yoga, aerobik, dan cardio.

2) Istirahat.

Antara pekerjaan rumah, aktivitas, dan bergaul dengan teman-teman, mungkin sulit untuk tidur cukup, terutama selama minggu sekolah. Idealnya, remaja harus mendapatkan sembilan jam istirahat malam. Namun, sebagian besar remaja semakin sedikit mendapatkannya.

Untuk memaksimalkan kesempatan tidur nyenyak, kurangi menonton TV atau terlibat dalam banyak waktu layar di larut malam. Jangan minum kafein sore hari dan cobalah untuk tidak melakukan aktivitas merangsang terlalu dekat dengan waktu tidur.

3) Mencapai keseimbangan.

Sangat penting untuk menjaga keseimbangan yang baik antara pekerjaan, rumah dan kehidupan sosial.

4) Ikuti relaksasi otot progresif.

Pereda stres hebat lain yang dapat digunakan selama tes dan sebelum tidur (untuk mempersiapkan tidur), atau di saat lain ketika stres membuat Anda ‘lelah’ secara fisik, adalah sesuatu yang disebut Relaksasi Otot Progresif, atau PMR.

Teknik ini melibatkan peregangan dan relaksasi semua otot sampai tubuh benar-benar rileks. Dengan latihan, Anda bisa belajar melepaskan stres dari tubuh Anda dalam hitungan detik. Pelajari lebih lanjut tentang PMR. Ini dapat sangat membantu bagi siswa karena dapat diadaptasi untuk membantu upaya relaksasi sebelum tidur untuk tidur yang lebih dalam – sesuatu yang selalu dapat digunakan siswa – atau bahkan untuk bersantai dan membalikkan kepanikan yang disebabkan oleh tes sebelum atau selama tes.

5) Makan sehat.

Seseorang mungkin tidak menyadarinya, tetapi diet Anda dapat meningkatkan kekuatan otak Anda atau menguras energi mental Anda! Pola makan yang sehat umumnya tidak dianggap sebagai teknik manajemen stres tetapi sebenarnya bisa berfungsi sebagai keduanya.

Memperbaiki pola makan dapat mencegah Anda mengalami perubahan suasana hati yang terkait dengan pola makan, sakit kepala ringan, dan lainnya.

6) Terhubung dengan keluarga dan teman.

Peran paling aktif yang dimainkan dalam manajemen stres dimainkan oleh keluarga dan teman. Penting bagi untuk berbicara dan berbagi dengan keluarga setiap hari. Pertukaran ide dan pemikiran dan selalu mengarah pada solusi dan solusi progresif sehingga tidak ada ruang untuk stres.

7) Pertolongan medis.

Jika gejala-gejala stres seperti insomnia, kurangnya minat pada hal-hal sehari-hari, kurang perhatian, kurang konsentrasi, suasana hati rendah, kesibukan berpikir, penarikan diri berlangsung selama lebih dari dua minggu dan memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, maka jangan bicaralah dengan seorang konselor atau psikolog. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *