Tips Santap Menu Sahur Sehat yang Bikin Berat Badan Ideal

oleh -330 views
Ilustrasi Makanan Sehat. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Banyak orang berharap ibadah puasa Ramadhan meghasilkan bonus penurunan berat badan.
Tapi sayang, faktanya banyak orang mengalami peningkatan berat badan setelah berpuasa. Apa yang salah?

Melalui channel Youtube, dr. Saddam Ismail menjelaskan bahwa salah satu letak kesalahan berat badan seseorang meningkat  selama Ramadhan adalah keliru dalam mengkonsumsi menu sahur.

Untuk itu, dia membeberkan tentang bagaimana menyusun menu sahur yang tepat agar puasa mantap, stamina terjaga dan berat badan menjadi ideal.

“Susunlah menu sahur Anda dengan menu yang sehat, gizi seimbang, dan pilihan makanan yang tepat. Supaya selama puasa tidak  lemah, kurang energi, pusing-pusing, dan buang air besar (BAB) berlebihan,” ucapnya dr. Saddam Ismail seperti dilansir  Senin (3/6/2019).

Berikut kunci menyantap menu sahur yang tepat agar bisa menurunkan berat badan, menjadikan puasa lebih lancar, tidak  kekurangan energi, tidak ngantuk pada siang hari dan tidak juga merasa lemas ala dr. Saddam Ismail.

Pilihlah Karbohidrat Kompleks

Alasan menu sahur harus mengandung karbohidrat kompleks ialah karena tinggi serat, rendah kalori dan bisa membuat usus dan  lambung merasa kenyang, sebab proses pencernaannya menjadi lebih lama sehingga tubuh memprosesnya secara perlahan. Contohnya gandum, beras merah, sayur, buah, kacang-kacangan, dan umbi-umbian seperti kentang.

Mengandung Serat

Penyebab orang yang berpuasa mengalami BAB berkebih karena terlalu banyak menyantap menu sahur dengan asupan yang tidak  tepat. Agar tidak mengalami gangguan BAB, makanlah makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayur, buah, dan sereal.

Protein

Protein sangat penting dikonsumsi untuk menu sahur. Seperti dada ayam, daging tanpa lemak, tahu, tempe, atau putih telur.  Hindari makanan cepat saji seperti goreng-gorengan dan makanan kemasan.

Vitamin dan Mineral

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral. Seperti vitamin A, B, C, D, dan E, yang baik untuk mata, kulit, pertumbuhan fisik dan otak.

Air Putih

Meski pun puasa, konsumsi air harus tetap tercukupi agar tidak dehidrasi. Minum air dua liter sehari, untuk mencukupinya lakukan saat berbuka dan sahur.

Jadi mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat saat sahur bisa membuat kamu mendapatkan berat badan ideal, selain mendapatkan pahala berpuasa tentunya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *